Headline
  • 5 Tempat Terunik dan Ajaib Di Dunia

5 Tempat Terunik dan Ajaib Di Dunia

23 Jun 2016 / 0 Comments

Bumi yang kita tinggali ini memang menyimpan berjuta keindahan alam, baik keindahan alamnya yang memukau maupun keindahan yang fenomenal. Kadang-kadang saking uniknya, beberapa tempat memukau ini sulit dijumpai di tempat lain. Tak tanggung-tanggung, bahkan bisa dibilang kalau tempat-temp

Read More...

Amazing
Jelajah

Netizen Bicara Hadir Dalam Domain Terpercaya

Kelebihan Domain Dot Id >>> Dirilis Dari Berani Gagal 1. Domain id secara tidak langsung me...

12 Miliuner Teknologi Informasi Paling Dermawan Di Dunia

Business Insider Bill Gates, pendiri Microsoft Industri teknologi informasi banyak mencetak pengusaha terkay...

Misteri

10 Fenomena Gaib Paling Misterius Di Dunia

Fenomena gaib, yang kerap berhubungan dengan dunia lain banyak dikisahkan dari waktu ke waktu. Banyak di ant...

HOT! Heboh Video Penampakan Malaikat Terbang Di Brazil

Sebuah video berjudul “BRASIL – Anjos, Criaturas Aladas capturadas em Boa vista” masuk dalam daftar video ter...

Fenomena
Indonesia Keren

Netizen Bicara Hadir Dalam Domain Terpercaya

Kelebihan Domain Dot Id >>> Dirilis Dari Berani Gagal 1. Domain id secara tidak langsung me...

Paling Seru

10 Bandara Paling Menakutkan Di Dunia

Bandara merupakan tempat lepas landas dan mendaratnya pesawat biasa cuaca burk selalu menjadi halangan bagi ...

Keindahan Alam Yang Menakjubkan

Berikut adalah keindahan-keindahan alam yang sungguh menakjubkan.Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang te...

5 Bangunan Terbesar Yang Pernah Di Dirikan

Dengan status bangunan terbesar yang pernah dibangun di dunia, bangunan ini butuh investasi besar dan teknol...

Top Ten

10 Struktur Vestigial Manusia Paling Kontroversial Di Dunia

10 Struktur Vestigial Manusia Paling Kontroversial Di Dunia Struktur vestigial pertama kali dijelaska...

10 Fenomena Gaib Paling Misterius Di Dunia

Fenomena gaib, yang kerap berhubungan dengan dunia lain banyak dikisahkan dari waktu ke waktu. Banyak di ant...

10 Orang Terkaya Di Indonesia

Majalah Forbes kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Keluarga Hartono, pemil...

Kontroversi

10 Struktur Vestigial Manusia Paling Kontroversial Di Dunia

10 Struktur Vestigial Manusia Paling Kontroversial Di Dunia Struktur vestigial pertama kali dijelaska...

Pengetahuan

10 Kuburan Unik Dan Aneh Di Dunia

Ada banyak bentuk makan dibumi ini akan tetapi hanya sebagian yang unik, unik dari bentuk nya dan unik dari ...

Tips & Trik
Dunia Binatang
Jelajah
Published On:Senin, 29 Desember 2014
Posted by Agung Putra Dwijaya

Analisis Awal: AirAsia QZ8501 Terlambat Naikkan Ketinggian?


Pada waktu yang berdekatan ketika pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak, Minggu (28/12/2014), ada lebih dari satu penerbangan yang melintas di jalur penuh awan tersebut. Namun, posisi AirAsia QZ8501 berada pada posisi terendah di ketinggian jelajah, dibandingkan pesawat lain.

"Semua pesawat lain berada di ketinggian lebih dari 34.000 feet, ketinggian saat pesawat QZ8501 disebut hilang kontak," kata pemerhati penerbangan, Yayan Mulyana, Minggu petang. Pada saat pesawat ini hilang kontak, dia melanjutkan, beragam perangkat pelacak pesawat memperlihatkan ada banyak pesawat lain di jalur itu.

Yayan menyebutkan, ada setidaknya empat pesawat lain yang berdekatan dengan QZ8501 pada saat itu, yakni Garuda Indonesia berkode penerbangan GIA602, pesawat Lion Air berkode LNI763, AirAsia berkode penerbangan QZ502, dan Emirates berkode penerbangan UAE409.

Dari data yang Yayan dapatkan, ketinggian GIA602 adalah 35.000 kaki, LNI763 pada 38.000 kaki, QZ502 pada 38.000 kaki, dan UAE409 pada 35.000 kaki. "Kontak terakhir disebut, QZ8501 minta menambah ketinggian 6.000 feet dari 32.000 feet. Kemungkinan pilot langsung menaikkan ketinggian, tidak memutar dulu misalnya, tetapi tidak terkejar untuk menghindari awan CB."

Sebelumnya diberitakan, lokasi di posisi terakhir kontak pesawat AirAsia berkode penerbangan QZ8501 dipenuhi awancumulonimbus, yang di kalangan praktisi dan akademisi kerap disebut dengan singkatan "CB". (Baca juga: BMKG: AirAsia QZ8501 Berhadapan dengan Awan Kumulonimbus hingga 48.000 Kaki).

Penting, transkrip terakhir

Menurut Yayan, yang sebelumnya lama menjadi praktisi penerbangan, keberadaan awan CB sebenarnya bisa diketahui berpuluh-puluh mil sebelumnya.
KOMPAS.com/IstimewaAnalisis perpindahan jalur penerbangan pesawat AirAsia berkode penerbangan QZ8501 yang hilang dalam penerbangan dari Surabaya ke Singapura, Minggu (28/12/2014). Jalur yang dipakai pesawat ini saat hilang kontak adalah M635.
"Tergantung versi radar di pesawat. Harusnya cukup waktu untuk menghindar, bisa dapat informasi pula dari pesawat lain yang melintas di situ sebelumnya, bisa komunikasi langsung dengan menara kontrol ataupun pesawat lain yang saat itu terbang," papar Yayan. 

Namun, Yayan menolak menjawab pertanyaan kenapa pesawat ini diduga terlambat menambah ketinggian ketika berhadapan dengan awan CB. 

Ketiadaan kode darurat pilot, menurut Yayan, sangat mendukung dugaan bahwa pesawat terjebak dalam kungkungan awan CB. "Itu awan, tetapi berat karena ada butiran es; bisa merusak instrumen pesawat, dari komunikasi sampai strukturnya," ujar dia. "Kalau sudah begitu, selain alat rusak, kemungkinan pilot sudah sangat panik, bahkan untuk sekadar bilang 'Mayday'," tutur dia.

Yayan menambahkan, kemungkinan justru kecil jika pesawat diduga rusak karena tersambar petir. Dia mengatakan, pesawat yang dipakai AirAsia ini memakai empat lapis sistem pengaman elektrik sehingga gangguan listrik bahkan ledakan di pesawat tidak akan serta-merta mematikan pasokan listrik. "Setidaknya, pilot masih akan sempat bilang 'Mayday'," kata dia.

Ketiadaan panggilan dan sinyal darurat dari pesawat, menurut Yayan, menunjukkan pesawat pada situasi yang sangat berat, dengan kejadian teramat cepat yang merusak peralatan komunikasi dan, kemungkinan, pesawat itu sendiri.

Namun, Yayan menekankan, sampai pesawat ditemukan atau data transkrip setengah jam terakhir dibuka untuk publik, apa yang terjadi pada pesawat ini masih bersifat dugaan. "Transkrip setengah jam terakhir dari kokpit, itu sangat penting," ujar dia. Yayan menegaskan pula, transkrip ini, dan selanjutnya data kotak hitam, bakal "bercerita banyak" soal kejadian ini.

Pencarian

Pencarian, menurut Yayan, seharusnya tidak bertemu banyak kendala. Dia menyatakan, sekarang sudah ada teknologi yang jauh lebih bagus daripada radar yang dipakai di bandara, yakni radar yang langsung terhubung dengan satelit.

KOMPAS.com/IstimewaDugaan lokasi terakhir pesawat AirAsia 8501 berdasarkan analisis jalur penerbangan terakhir, komunikasi terakhir, dan saksi mata. Pesawat ini hilang dalam penerbangan dari Surabaya menuju Singapura, Minggu (28/12/2014) pagi.
Alat yang dimaksud Yayan adalah automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B). "Pesawat ini sudah ada alat itu. Tinggal aktifkan alat pencarian yang tepat, seharusnya bisa cepat ditemukan." Terlebih lagi, lokasi posisi terakhir yang disebutkan Badan SAR Nasional bukanlah laut dalam. Kedalamannya sekitar 150 meter.

"Kalaupun ada kendala, kemungkinan seperti pencarian Silk Air beberapa waktu lalu di Sungai Musi, yang saking cepatnya menghunjam sampai masuk ke dalam lumpur," ujar Yayan. Dia mengakui, ketiadaan laporan darurat setelah berjam-jam mengecilkan kemungkinan bahwa pesawat mendarat darurat di suatu tempat. Terlebih lagi, jalur yang dilintasi bukan area tertutup.

Data yang dirilis otoritas penerbangan ataupun penanganan bencana, lanjut Yayan, memperlihatkan, pesawat tidak meninggalkan jalur penerbangan, sekalipun sempat berpindah. Kementerian perhubungan, sebut dia, menyebutkan bahwa posisi pesawat ini terakhir berada di koridor M635.

Koridor ini masih segaris dengan laporan saksi mata soal dugaan pesawat jatuh di Belitung Timur, dan masih mengarah ke Singapura. "Kejadiannya kemungkinan besar memang sangat mendadak karena sejauh ini penerbangan terlihat masih on track."

Informasi soal jalur yang dipakai kali terakhir dan laporan saksi mata tersebut, menurut Yayan, menjelaskan bahwa posisi yang terpantau di Flightradar24 adalah posisi saat terakhir komunikasi pesawat, tetapi masih ada luncuran, sampai ke posisi terakhir yang sebenarnya. "Kalau pesawat meledak, posisinya akan sama dengan posisi komunikasi terakhir."

About the Author

Posted by Agung Putra Dwijaya on Senin, Desember 29, 2014. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

By Agung Putra Dwijaya on Senin, Desember 29, 2014. Filed under , . Follow any responses to the RSS 2.0. Leave a response

0 komentar for "Analisis Awal: AirAsia QZ8501 Terlambat Naikkan Ketinggian?"

Leave a reply

Salam Jelajah Unik

Harap Berkomentar Dengan Bijak
Tidak Mengandung Unsur SARA
Tidak Berjualan
Diizinkan Promosi Website
Jangan Lupa Like dan Follownya

Salam :D

Temukan Semua Di Sini

(C)opyright By Jelajahunik.co.vu in Sevimtube.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Artikel Jelajah Unik

  1. 5 Tempat Terunik dan Ajaib Di Dunia
  2. Netizen Bicara Hadir Dalam Domain Terpercaya
  3. HASIL SELEKSI SBMPTN 2015
  4. HASIL SELEKSI SNMPTN 2015
  5. Presenter dan Komedian Olga Syahputra Meninggal Dunia
  6. 11 Produk Yang Sering Digunakan Ini Berbeda Dengan Awal Pertama Dikeluarkan